| |

Pertemuan 7 KSI

     E-business memungkinkan suatu perusahaan untuk berhubungan dengan sistem pemrosesan data internal dan eksternal untuk lebih efisien, Penggunaan sehari-hari, E-business tidak selalu bersangkut paut pada e-commerce saja. E-commerce lebih merupakan sub bagian dari e-business, sementara e-business meliputi segala macam fungsi dan kegiatan bisnis menggunakan data elektronik, termasuk pemasaran Internet. E-business memberi kemungkinan untuk pertukaran data di antara satu perusahaan dengan perusahaan lain, baik lewat web, Internet, intranet, extranet atau yang lainnya. E-Commerce adalah proses jual-beli, marketing & layanan produk atau jasa melalui network komputer.


E-business di bagi diantaranya :
  1. Customer Relationship Management (CRM)
  2. Enterprise Resource Planning (ERP)
  3. Enterprise Application Programs (EAI)
  4. Supply Chain Management (SCM)
Manfaat e-business adalah :
  1. meningkatkan kinerja operasional perusahaan
  2. meningkatkan peluang akses ke pasar, pemasok dan pendanaan yang luas
  3. meningkatkan efisiensi perusahaan
  4. mempermudah pengolahan aset perusahaan
  5. meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan
  6. meningkatkan komunikasi seluruh stakeholder
  7. mengatasi kesenjangan digital
  8. media mempromosikan kompetensi perusahaan
  9. memperlancar transaksi bisnis
  10. sarana penyebaran informasi secara luas


Dalam banyak kasus, sebuah perusahaan e-commerce bisa bertahan tidak hanya mengandalkan kekuatan produk saja, Beberapa faktor yang termasuk :
  1. Menyediakan harga kompetitif
  2. Menyediakan jasa pembelian yang tanggap, cepat, dan ramah.
  3. Menyediakan informasi barang dan jasa yang lengkap dan jelas.
  4. Menyediakan banyak bonus seperti kupon, penawaran istimewa, dan diskon.
  5. Memberikan perhatian khusus seperti usulan pembelian.
  6. Menyediakan rasa komunitas untuk berdiskusi, masukan dari pelanggan, dan lain-lain.
  7. Mempermudah kegiatan perdagangan


Beberapa aplikasi umum yang berhubungan dengan e-commerce adalah :
  1. E-mail dan Messaging
  2. Content Management Systems
  3. Dokumen, spreadsheet, database 
  4. Akunting dan sistem keuangan
  5. Informasi pengiriman dan pemesanan
  6. Pelaporan informasi dari klien dan enterprise
  7. Sistem pembayaran domestik dan internasional
  8. Newsgroup
  9. On-line Shopping
  10. Conferencing
  11. Online Banking






 Referensi : I, II, III.

0 komentar:

Posting Komentar