| |

Pertemuan 5 KSI

Pertemuan 5, disini adalah lanjutan dari Pertemuan 4 yang dimana masih menyangkut soal "Sistem Informasi Fungsional", di Pertemuan 4 telah di jelaskan 3 sistem informasi fungsional, yaitu sistem informasi akuntansi, sistem informasi keuangan, dan sistem informasi manufaktur, sekarang pada pertemuan 5 ini akan menjelaskan kelanjutan dari Pertemuan 4 sistem informasi fungsional.

Sistem Informasi Pemasaran :
     Terdiri dari kegiatan perorangan dan organisasi yang memudahkan dan mempercepat hubungan pertukaran yang memuaskan dalam lingkungan yang dinamis, melalui penciptaan, pendistribusian, promosi dan penentuan harga barang, jasa dan gagasan.

     Suatu sistem berbasis komputer yang bekerjasa sama dengan sistem informasi fungsional lain untuk mendukung manajemen perusahaan dalam menyelesaikan masalah yang berhubungan dengan pemasaran produk perusahaan.


# Marketing mix
   - Product
   - Promotion
   - Place
   - Price

# Kotler’s 3 information flows 
   + Informasi pemasaran internal
         Informasi yg dikumpulkan dan berputar di dalam perusahaan 
   + Intelijen pemasaran
         Informasi yg mengalir dari lingkungan ke perusahaan 
   + Komunikasi pemasaran
         Informasi yg mengalir dari perusahaan ke lingkungan

# Model Sistem Informasi Pemasaran
   + Subsistem Input
     - Berasal dari sistem informasi akuntansi yangg melakukan pengumpulan data untuk menjelaskan transaksi pemasaran. Selain itu juga mencakup Subsistem intelijen pemasaran dan Subsistem penelitian pemasaran.
   + Subsistem Output
        - Subsistem Produk
        - Subsistem Tempat
        - Subsistem Promosi
        - Subsistem Harga
        - Subsistem Mix

# Subsistem Penelitian Pemasaran 
   + Data Primer, data yg berasal dari perusahaan, manajeman informasi sistem data berasal dari sales.
      - Survey
      - Observas
      - Interview
      - Pengujian terkendali

   + Data Sekunder, data yg berasal dari orang/perusahaan lain
      - Mailing list
      - Statistik penjualan

# Subsistem Intelijen Pemasaran
   - Mengumpulkan data pesaing secara etis
   - Mengumpulkan data pelanggan

   + Subsistem Produk
       - Siklus Hidup Produk (Product Life Cycle)
    - Menelusuri penjualan suatu produk mulai dari pengenalan produk, perkembangan, dewasa, dan penurunan

    + Subsistem Tempat
       - Saluran distribusi
       - Produk/materi, uang, dan saluran informasi mengalir melalui saluran distribusi
       - Dua pendekatan komunikasi
       - Informasi umpat balik & umpan maju
    - Electronic Data Interchange (EDI), komunikasi yg dilakukan oleh masing-masing komputer milik perusahaan,retailer dan konsumer

    + Subsistem Promosi
        - Agen Periklanan
        - Penjualan secara personal
        - Sales promosi

    + Subsistem Harga
        - Penentuan harga berdasarkan biaya
        - Penentuan harga berdasarkan Permintaan

# Penggunaan Sistem Informasi Pemasaran oleh Manajer
    - Perusahaan besar menggunakan komputer sebagai alat pemasaran
    - Untuk mempelajari keinginan dan kebutuhan konsumen
    - Menformulakan bauran pemasaran
    - Melihat seberapa jauh bauran pemasaran diterima oleh konsumen

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia :
     Suatu sistem untuk mengumpulkan dan memelihara data yang berisi sumber daya manusia, mengubah data tersebut menjadi informasi, dan melaporkan informasi tersebut pada pemakai.
# Kegiatan
   - Perekrutan dan Penerimaan
   - Pendidikan dan Pelatihan
   - Manajemen Data
   - Penghentian dan Administrasi Tunjangan

# SubSistem SDM Penelitian 
    Contoh : - Job analysis and evaluations
                  - Succession studies
                  - Grievance studies

# SubSistem SDM Intelijen
    Mengumpulkan data yg berhubungan dgn sumber daya manusia dari lingkungan perusahaan :
     - Pemerintah
     - Pemasok
     - Serikat Pekerja
     - Masyarakat Global
     - Masyarakat keuangan
     - Pesaing

# SubSistem Perencanaan Tenaga Kerja
    Memungkinkan manajemen untuk mengidentifikasi kebutuhan pegawai di masa datang.
    Aplikasi operasional :
     - Bagan organisasi
     - Peramalan gaji
     - Job analysis/evaluation
     - Planning
     - Pemodelan angkatan kerja

# Compensation Subsystem
    - Peningkatan penghargaan
    - Gaji
    - Kompensasi eksekutif
    - Bonus
    - Kehadiran 

# Benefits Subsystem
    - Tunjangan tetap
    - Laporan tunjangan
    - Pemberian saham
    - Pemrosesan klaim 

# Subsistem Pelaporan Lingkungan
    Adalah laporan kebijakan dan praktek personalia perusahaan kepada pemerintah.


Sumber : KSI

0 komentar:

Posting Komentar